Cara Mudah Mengatasi PC Komputer / Laptop yang Tiba-Tiba Mati

Laptop yang Tiba-Tiba Mati

Sangat banyak kemungkinan masalah yang dapat terjadi pada laptop atau pun komputer kita, walaupun kita tidak mengerti kenapa masalah pada laptop/komputer bisa muncul secara tiba-tiba. Padahal kita tidak merasa melakukan sesuatu yang di luar prosedur, namun tetap saja kesalahan dapat terjadi tanpa disadari.

Dalam hal kamu sedang asik-asiknya mengerjakan sesuatu tugas dalam laptop/komputer kamu, tiba-tiba laptop/komputer kamu mati tanpa terduga sebelumnya, hal demikian itu lebih menjengkelkan apabila kita sedang mengerjakan hal yang penting dan dokumen belum sempat disimpan dengan sempurna.

Untuk memperbaiki masalah laptop/komputer mati secara mendadak kita dapat memperbaikinya dengan menduga penyebab dan melakukan hal-hal di antara berikut ini:

  1. Kipas prosesor tidak berfungsi. Apabila kipas prosesor tidak berfungsi dengan baik hal ini akan menyebabkan sirkulasi udara akan terhambat dan prosesor akan cepat panas sehingga mesin komputer akan berhenti bekerja pada panas yang melampaui batas.

Solusi: Untuk memperbaikinya kamu dapat memperhatikan apakah kabel pada perangkat kipas ada yang rusak, apabila ada yang rusak kamu dapat memperbaiki bagian ini. Atau apabila secara fisik terlihat tidak ada masalah kamu dapat mencabut sambungan power kipas kemudian menyambungkannya lagi, setelah itu kamu dapat mencoba menyalakan mesin laptop/komputer untuk melihat apakah kipas telah berfungsi (INGAT. Pastikan kamu mengembalikan susunan rangkaian sebelum menyalakan komputer). Apabila tetap tidak berfungsi kamu dapat mengganti kipas yang rusak.

  1. Mesin terlalu panas. Mesin laptop terlalu panas bukan hanya karena kipas yang tidak berfungsi. Hal ini dapat saja terjadi karena kita mungkin menggunakan laptop/komputer kita dengan keadaan yang tidak ramah. Misalnya kita meletakkan laptop di atas kasur atau tempat yang menyebabkan sirkulasi udara terhambat. Dalam keadaan ini sebenarnya tidak ada yang salah atau rusak dengan komponen laptop/komputer kita. Namun cara pemakain kita yang kurang tepat.

Solusi: Untuk mengatasi masalah ini letakkan laptop kamu di atas bidang datar yang keras. Apabila laptop benar-benar panas kamu dapat mendinginkannya dengan segera meletakkan laptop di atas ubin keramik, cara ini sering Admin gunakan untuk mendinginkan gadget Admin yang panas. Untuk menghindari masalah ini terjadi kurangi kebiasaan kita meletakkan laptop di tempat yang tidak ramah.

  1. Komponen Kotor. Komponen dalam rangkaian komputer kita sebaiknya selalu kita jaga kebersihannya. Seperti untuk selalu menggunakan komputer/laptop pada permukaan atau keadaan yang bersih. Namun, untuk komputer yang sudah digunakan dalam waktu yang lama tentu bisa saja perangkat sudah menyimpan debu yang tebal. Hal ini dapat menyebabkan kinerja perangkat dan sirkulasi udara akan terganggu, mesin komputer/laptop juga akan cepat panas. Sehingga, komputer/laptop kita bisa mati secara tiba-tiba.

Solusi: Untuk mengatasi masalah ini kamu harus mendeteksi bagian mana pada laptop atau komputer kita yang terganggu akibat debu atau kotoran. Biasanya komponen yang paling gampang kotor adalah komponen di sekitar ventilasi udara atau di dekat kipas CPU. Bersihkan bagian yang kotor dengan tool yang aman, jangan menggunakan tangan secara langsung. Kamu dapat menggunakan kuas pembersih khusus untuk gadget. Setelah bagian-bagian yang kotor dirasa bersih maka kita dapat memasang perangkat dan mencobanya. Dari suatu sumber yang Admin pernah baca RAM yang kotor juga dapat menimbulkan laptop/komputer mati secara tiba-tiba. Untuk membersihkannya kita dapat menggunakan kuas pembersih gadget atau kain bersih. Cukup sapu pada bagian logam (tembaga) RAM menggunakan alat tersebut hingga bersih. Ingat jangan sampai memegang logam dengan tangan secara langsung.

  1. Softwere bermasalah. Jangan kira softwere tidak dapat menyebabkan komputer/laptop mati secara tiba-tiba. Softwere merupakan perangkat lunak yang dapat melakukan perintah kepada mesin atau perangkat keras untuk melakukan suatu pekerjaan. Softwere yang juga merupakan perantara antara mesin komputer/laptop dengan user/pengguna dapat melakukan perintah yang tidak diharapkan pengguna. Perintah tersebut dapat menyebabkan crash atau system akan shutdown secara tiba-tiba, walaupun hal ini masih relatif jarang terjadi.

Solusi: Untuk menangani softwere yang bermaaslah kita cukup berinteraksi pada bagian softwere saja, tidak perlu mengganggu bagian hardwere. Kita dapat memperbaiki dengan memasang antivirus yang memiliki definisi (pengenalan virus) yang mutakhir. Lakukan scanning hingga malware benar-benar bersih. Untuk antivirus Admin rekomendasikan jangan lebih dari dua buah. Karena antivirus yang terlalu banyak akan menyebabkan komputer/laptop kita menjadi lamban dan kemungkinan antivirus akan misbehaving (mengganggap file yang bukan malware sebagai malware).

Demikianlah beberapa kemungkinan yang menyebabkan laptop atau komputer kita mati secara tiba-tiba dan cara memperbaiki laptop atau komputer yang mati tiba-tiba. Semoga tulisan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan eksperimen kita.

Posting Terkini

shares