Cara Menambah Berat Badan Janin dengan Mudah

Cara Menambah Berat Badan Janin dengan Mudah

Ibu hamil membutuhkan tambahan 300 kalori per hari. Tambahan kalori per hari sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda dan juga janin. Anda bisa meningkatkan jumlah kalori harian Anda dengan mengonsumsi lebih banyak makanan sehat dan bergizi. Berikut cara menambah berat badan janin dengan menambah asupan makanan yang mudah Anda lakukan.

Protein

Selama masa kehamilan, Anda disarankan untuk mengonsumsi protein sebesar 90 hingga 100 gram per hari. Protein sendiri sangat penting untuk keseluruhan proses perkembangan janin, terutama perkembangan otak.

Beberapan makanan sebagai sumber protein sehat yang bisa Anda konsumsi adalah almomd, ayam, daging sapi tanpa lemak, ikan, dan makanan olahan susu. Anda bisa menambahkan keju rendah lemak maupun selai kacang pada menu makanan kesukaan Anda. Hal ini akan meningkatkan pertumbuhan janin dan juga menambah berat badan janin.

Lemak Tak Jenuh

Asupan lemakn dalam pola makan Anda selama kehamilan sangat penting untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi. Asupan lemak selama kehamilan Anda digunakan janin untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan janin untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Namun, Anda tidak bisa bebas mengonsumsi makanan apapaun yang diinginkan. Penambahan asupan lemak tak jenuh pada pola makan akan membantu pertumbuhan janin dan juga memastikan plasenta Anda sehat.

Gula

Buah segar juga bisa Anda jadikan camilan sehat selama kehamilan. Buah juga akan memberikan Anda dan janin asupan gula yang sehat. Bukan hanya buah, Anda juga bisa mengonsumsi coklat. Anda perlu membatasi konsumsi pemanis seperti permen dan manisan. Kalori dari jenis gula tersebut hanya menambah sedikit berat badan janin.

Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk mambangun tulang dan juga gigi yang kuat. Kalsium juga memungkinkan darah mampu menggumpal dengan normal, saraf berfungsi dengan baik, dan juga detak jantung normal.

American Congress of Obstetricians and Gynecologist merekomendaikan kalsium sebesar 1000 mg per hari untuk perempuan hamil dan menyusui. Asupan kalsium dapat Anda cukupi dengan makan dan minum 4 porsi produk susu setiap hari.

Susu adalah sumber protein kalsium yang terbaik. Selain susu, Anda juga bisa mendapatkan sumber kalsium dari sawi, lobak, bok choy, kangkung, selada air, kembang kol, jagung, brokoli, almodn, minyak wijen, dan jus jeruk.

Zat Besi

Anda membutuhkan zat besi dua kali lipat lebih banyak pada kehamilan trimester kedua dan ketiga. Kebutuhan zat besi pada trimester pertama kehamilan Anda lebih sedikit. Suplemen zat besi pada trimester pertama justru akan memperparah morning sickness.

Zat besi merupakan bagian penting dari sel darah merah. Zat besi inilah yanh akan membantu pertumbuhan plasenta dan janin. Zat besi ini akan membantu Anda membangun ketahanan terhadap stres dan penyakit.

Itulah cara menambah berat badan janin dengan mudah dengan mengonsumsi makanan penambah asupan nutrisi. Silahkan kunjungi situs resmi Orami di www.orami.co.id untuk mendapatkan informasi kehamilan lainnya.

Posting Terkini

shares